Senin, 22 Oktober 2007

RESENSI BUKU

RESENSI BUKU

JUDUL BUKU : DASAR-DASAR EVALUASI PENDIDIKAN

PENGARANG : Prof. Dr.Suharsimi Arikunto

PENERBIT : Bumi Aksara

TEBAL HALAMAN : 308

Yang dibahas dalam buku ini yang terutama adalah evaluasi pendidikan dalam institusi pendidikan, tetapi mengkhususkan evaluasi hasil belajar. Penulisan buku ini bertujuan untuk membantu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada calon guru maupun para guru yang sudah bertugas, agar ada pegangan dalam bekerja. Buku ini dapat memberikan bimbingan sesuai dengan tugas yang diemban oleh guru, yakni mengajar, mendidik, dan didalamnya termasuk melakukan penilaian. Dalam hal ini tolok ukur pendidikan dapat diketahui dengan adanya evaluasi. Evaluasi pendidikan sering diartikan sebagai pengukuran atau penilaian hasil belajar-mengajar, padahal diantara keduanya punya arti yang berbeda meskipun saling berhubungan. Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran (kuantitatif), sedangkan menilai berarti mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk (kualitatif).

Dalam buku ini terdapat beberapa persyaratan tes yaitu:

Ø Validitas : kesahihan atau ketepatan

Ø Reabilitas : tidak berubah-ubah atau ketetapan

Ø Objektivitas : tidak adanya unsure pribadi yang mempengaruhi

Ø Praktikabilitas : bersifat praktis ( yaitu mudah dilaksanakan, mudah pemeriksaannya, dilengkapi dengan petunjuk-petunjuk yang jelas)

Ø Ekonomis : tidak membutuhkan ongkos atau biaya yang mahal, tenaga yang banyak, dan waktu yang lama.

Kelebihan:

Buku ini dapat membantu para guru atau calon guru dalam proses belajar mengajar dan mengetahui hasil akhir yang dicapai dari kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, target atau tujuan pembelajaran akan tercapai.

Kelemahan:

Dalam buku ini contoh-contohnya belum dapat dipahami oleh pembacanya, karena terlalu banyak kata-kata yang sulit, dan tidak memberitahu cara-cara mengerjakan setiap soal.

Saran:

Agar lebih mudah dipahami oleh setiap pembacanya, perlu di revisi kembali dan mengganti atau menambahkannya dengan contoh-contoh yang lebih mudah lagi, supaya buku ini dapat dijadikan pedoman atau pegangan bagi para guru dan calon guru.

Tidak ada komentar: